Abstract:
Pendidikan sangat penting bagi setiap orang baik itu orang dewasa maupun juga
anak-anak. Pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap
serta keterampilan. Adapun masalah yang ditemukan di kelas 4 SD Muhammadiyah
12 Medan adalah kurangnya keterampilan proses belajar siswa pada IPAS materi
perubahan wujud zat. Keterampilan belajar adalah kemampuan yang diperlukan
dalam memahami materi pelajaran yang diberikan. Dalam menghadapi
permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang dapat
meningkatkan keterampilan proses belajar siswa, salah satu model pembelajaran
tersebut adalah Children Learning In Science (CLIS). Model pembelajaran CLIS
adalah model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan ide atau
gagasan siswa untuk mewujudkan pembelajaran IPA berdasarkan pengalaman
siswa sendiri dan kehidupan sehari-hari. Dari 25 sampel yang telah di observasi
diperoleh hasil jumlah siswa yang berkategori kurang 0 siswa (0%), berkategori
cukup 9 siswa (37,5%), berkategori baik 15 siswa (62,5%), berkategori sangat baik
0 siswa (0%) sebelum menggunakan CLIS. Setelah menggunakan CLIS diperoleh
hasil observasi jumlah siswa yang berkategori kurang 0 siswa (0%), berkategori
cukup 0 siswa (%), berkategori baik 5 siswa (20,8%), berkategori sangat baik 19
siswa (79,2%). Bedasarkan hasil observasi yang telah dilakukan maka diperoleh
hasil signifikan terhadap keterampilan proses belajar IPAS sebelum dan sesudah
menggunakan model pembelajaran CLIS. Dengan adanya model pembelajaran
CLIS ini diharapkan dapat berpengaruh terhadap keterampilan proses belajar IPAS
pada siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 12 Medan.