Research Repository

KEWAJIBAN PENJUAL DALAM MEMBERIKAN INFORMASI YANG JELAS DAN BENAR KEPADA PEMBELI DALAM JUAL BELI MOBIL SECARA ONLINE (Studi di Kanaya Jaya Mobil Medan)

Show simple item record

dc.contributor.author ZULKARNAIN, TIARA
dc.date.accessioned 2025-10-28T07:00:31Z
dc.date.available 2025-10-28T07:00:31Z
dc.date.issued 2025-08-11
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29448
dc.description.abstract Penjualan mobil merupakan salah satu transaksi yang kompleks dan melibatkan berbagai informasi yang harus disampaikan oleh penjual kepada pembeli. Kewajiban penjual dalam memberikan informasi yang jelas dan benar kepada pembeli dalam transaksi jual beli mobil secara online sangat penting dalam menjaga kepercayaan pembeli serta mencegah terjadinya sengketa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kewajiban penjual dalam memberikan informasi yang akurat, transparan, dan kesepakatan yang terjadi dalam jual beli secara online serta bentuk perlindungan hukum yang tersedia bagi pembeli jika penjual tidak memenuhi kewajiban tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum empiris, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi langsung pemilik Kanaya Jaya Mobil, serta pengumpulan data dari berbagai buku dan literatur terkait. Penelitian ini mengkaji kewajiban penjual berdasarkan Undang Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), KUHPerdata, Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan bentuk perlindungan yang diberikan kepada pembeli terkait informasi yang disampaikan oleh penjual mengenai mobil. Informasi yang jelas dan benar memberikan rekomendasi bagi penjual untuk meningkatkan praktik komunikasi dan informasi, serta bagi pembeli untuk lebih memahami hak-hak mereka dalam transaksi jual beli mobil secara online agar dalam transaksi jual beli tidak ada pihak yang dirugikan. Penyelesaian sengketa melalui negosiasi lebih efektif dibanding melalui jalur litigasi. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Kewajiban Penjual en_US
dc.subject Informasi yang Jelas Benar en_US
dc.title KEWAJIBAN PENJUAL DALAM MEMBERIKAN INFORMASI YANG JELAS DAN BENAR KEPADA PEMBELI DALAM JUAL BELI MOBIL SECARA ONLINE (Studi di Kanaya Jaya Mobil Medan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account