Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Media
Pembelajaran Papan Hitung dapat berpengaruh pada Keterampilan Berhitung siswa
atau tidak. Penelitian Ini menggunakan metode Kuantitatif dan jenis penelitian
menggunakan Media Pembelajaran Papan Hitung penelitian dilaksanakan di kelas II
SD IT Putri Aliifah Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas II sebanyak 20 siswa. Berdasarkan distribusi frekuensi nilai hasil Tes siswa
sebelum menggunakan media terdapat nilai rata-ratanya masi rendah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media papan hitung
terhadap keterampilan berhitung siswa kelas II SD IT Putri Aliifah. Latar
belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung siswa yang
ditunjukkan melalui hasil belajar matematika, khususnya dalam operasi hitung
dasar. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif seperti papan
hitung diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah
pemahaman konsep berhitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimen).
Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas II yang dibagi menjadi kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes
keterampilan berhitung sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan berhitung
siswa yang menggunakan media papan hitung dibandingkan dengan siswa yang
tidak menggunakannya. Dengan demikian, media papan hitung terbukti efektif
dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas II SD.