Abstract:
Pendidikan sangar penting bagi setiap orang baik itu orang dewasa maupun anak
anak. Pendidikan sendiri mmeiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap,
serta keterampilan. Adapun malasah yang ditemukan di kelas V Sd
Muhamamdiyah 12 Medan Adalah kurangnya kreativitas belajar siswa pada mata
pelajaran matematika. Kreativitas belajar merupakan salah satu factor yang dapat
memberikan sumbangan terhadap keberhasilan belajar siswa karena siswa yang
kreativ jarang menghadapi masalah dalam proses pembelajaran, salah satu model
pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa khususnya pada
mata pelajaran matematika ialah model course review horay (CRH). Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model course review horay
terhadap kreativitas belajar siswa kelas v pada mata pelajaran matematika di Sd
Muhamamdiyah 12 Medan. Populasi dalam penelitian ini Adalah seluruh siswa
kelas V di Sd Muhammadiyah 12 Medan yang berjumlah 20 siswa. Adapun
sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan 12 siswa
Perempuan dan 8 siswa laki-laki. Pada penelitian ini peneliti menggunakan
instrument non test berupa lembar observasi. Teknik analisisi data dalam
penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas ahli untuk mengetahui seberapa
akurat lembar observasi untuk menilai kreativitas belajar siswa kemudian
menggunakan uji hipotesis (paired sampes t-test). Hasil dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa model course review horay berpengaruh terhadap kreativitas
belajar siswa kelas v pada mata pelajaran matematika di Sd Muhamamdiyah 12.
Dilihat dari hasil analisis hipotesis (uji paired samples yt-test) siperoleh hasil yang
signifikan (sig 2-tailed) 0,001 < 0,005 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Maka
dari itu terdapat pengaruh terhadap kreativitas belajar siswa menggunakan model
course review horay di kelas V pada mata pelajaran matematika di SD
Muhamamdiyah 12 Medan.