Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap karakter
cinta tanah air dalam permbelajaran PKN dan pembelajaran masih terpusat pada
buku paket serta penggunaan metode ceramah dalam menyampaikan
pembelajaran,serta guru belum menerapkan media pembelajaran yang dapat
membantu pemahaman siswa dalam karakter cinta tanah air. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran komik
digital terhadap karakter cinta tanah air siswa kelas III sekolah dasar dalam
pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Latar belakang dari penelitian
ini adalah pentingnya penanaman nilai-nilai kebangsaan sejak usia dini, khususnya
di tengah era digital yang penuh dengan pengaruh budaya luar. Seringkali
pembelajaran PKn dirasa membosankan oleh siswa karena penyampaian materi
yang terlalu teoritis. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu
menarik perhatian dan membangkitkan semangat nasionalisme, salah satunya
adalah komik digital. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan quasi experiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang
digunakan adalah pretest-posttest control design dengan jumlah siswa sebanyak 28
siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket karakter cinta tanah air yang terdiri
dari 15 item pernyataan dengan skala Likert. Hasil analisis data menggunakan uji-t
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan
posttest siswa pada kelas III SD Muhammadiyah 11 Medan, dengan nilai
signifikansi (p-value) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media
pembelajaran komik digital memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan
karakter cinta tanah air siswa.