Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Box
pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Muhammadiyah 08 Medan dengan
materi Nilai Tempat Bilangan. Pengembangan media ini bertujuan untuk
meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar dan mempermudah
pemahaman konsep melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan.
Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang dimodifikasi
menjadi 3D, yaitu Define, Design, dan Development. (1) Tahap pendefinisian
(Define) mencakup tahap analisis kebutuhan siswa, analisis karakteristik peserta
didik, analisis kurikulum . (2) Tahap perancangan ( Design) tahap perancangan
media Smart Box , mulai dari penyusunan desain, materi, hingga instrumen
penelitian. (3) Tahap pengembangan ( Development ) meliputi, validasi media
oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli desian media untuk memastikan kevalidan
produk. Uji coba penggunaan media Smart Box di kelas IV SD Muhammadiyah
08 Medan, yang melibatkan respon guru dan siswa terhadap kepraktisan media.
Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berbentuk Smart Box
yang telah melalui proses validasi dan uji kepraktisan. Hasil validasi dari ahli
materi menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 92,73% (sangat valid), ahli bahasa
80% (valid), dan ahli desain media 94,67% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan
oleh guru memperoleh skor 100 % (sangat praktis), sedangkan respon siswa
mencapai 90% (sangat praktis). Dengan demikian, media Smart Box yang
dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran
Matematika, khususnya dalam memahami konsep nilai tempat bilangan di kelas
IV SD.