Research Repository

PENGARUH METODE FISHBOWL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SD NEGERI 101000 SIRUMAMBE

Show simple item record

dc.contributor.author ISRA, YUMINTAN SIREGAR
dc.date.accessioned 2025-10-14T03:50:39Z
dc.date.available 2025-10-14T03:50:39Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29055
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan berpikir kritisnya masih kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu memahami konsep berpikir kritis dan belum menguasai tentang berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran fishbowl terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 101000 Sirumambe Paluta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan 1 kelas. Instrument penelitian ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini dengan menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa metode pembelajaran fishbowl berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, karena pada analisis ujit (independent t-test) diperoleh hasil nilai signifikansi (sig. 2-tailed) 0,0000,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat pengaruh metode pembelejaran fishbowl terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA dikelas IV SD Negeri 101000 Sirumambe Paluta. Hasil analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan metode pembelajaran fishbowl dikelas pretest yaitu 56,5. Sedangkan siswa dikelas posttest rata-rata (mean) tanpa diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran fishbowl yaitu 87. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran fishbowl memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode pembelajaran fishbowl. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Fishbowl en_US
dc.subject Berpikir Kritis Siswa en_US
dc.subject Pembelajaran IPA en_US
dc.title PENGARUH METODE FISHBOWL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SD NEGERI 101000 SIRUMAMBE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account