Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang kemampuan berpikir kritisnya masih
kurang dan masih terbatas sehingga siswa belum mampu memahami konsep berpikir
kritis dan belum menguasai tentang berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran fishbowl terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 101000 Sirumambe Paluta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa.
Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan 1 kelas. Instrument penelitian
ini dengan menggunakan lembar tes. Teknik analisis data penelitian ini dengan
menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini
menujukkan bahwa metode pembelajaran fishbowl berpengaruh terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa, karena pada analisis ujit (independent t-test) diperoleh hasil nilai
signifikansi (sig. 2-tailed) 0,0000,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya,
terdapat pengaruh metode pembelejaran fishbowl terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa pada pembelajaran IPA dikelas IV SD Negeri 101000 Sirumambe Paluta. Hasil
analisis data diperoleh rata-rata (mean) setelah diberikan perlakuan menggunakan
metode pembelajaran fishbowl dikelas pretest yaitu 56,5. Sedangkan siswa dikelas
posttest rata-rata (mean) tanpa diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran
fishbowl yaitu 87. Sehingga siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan
metode pembelajaran fishbowl memiliki rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan
dengan tanpa menggunakan metode pembelajaran fishbowl.