Research Repository

ANALISIS NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DENGAN PENDEKATAN HERMENEUTIKA

Show simple item record

dc.contributor.author FATMA, SARY
dc.date.accessioned 2025-10-13T02:27:45Z
dc.date.available 2025-10-13T02:27:45Z
dc.date.issued 2025-06-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/29012
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan dengan pendekatan hermenutika pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Data penelitian ini adalah teks, ungkapan, kalimat dan pemahaman yang menggambarkan makna hermenutika seperti distansiasi, interpretasi, dan apropriasi dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah simak dan catat. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa novel Guru Aini memiliki nilai-nilai pendidikan yaitu berupa religius terdapat lima data, moral terdapat empat data, sosial terdapat lima data, karakter terdapat lima data dan intelektual terdapat empat data. Novel ini sangat menginspirasi bagi siapa yang ingin belajar, bagi para pendidik, bagi para peserta didik, dan harapan kepada pemerintah untuk keadilan pendidikan di Indonesia. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Hermeneutika en_US
dc.subject Nilai Pendidikan en_US
dc.subject Novel en_US
dc.title ANALISIS NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DENGAN PENDEKATAN HERMENEUTIKA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account