Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan dengan pendekatan
hermenutika pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah
novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Data penelitian ini adalah teks, ungkapan, kalimat
dan pemahaman yang menggambarkan makna hermenutika seperti distansiasi,
interpretasi, dan apropriasi dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Teknik analisis
yang digunakan pada penelitian ini adalah simak dan catat. Dari hasil analisis data dapat
disimpulkan bahwa novel Guru Aini memiliki nilai-nilai pendidikan yaitu berupa religius
terdapat lima data, moral terdapat empat data, sosial terdapat lima data, karakter terdapat
lima data dan intelektual terdapat empat data. Novel ini sangat menginspirasi bagi siapa
yang ingin belajar, bagi para pendidik, bagi para peserta didik, dan harapan kepada
pemerintah untuk keadilan pendidikan di Indonesia.