Research Repository

TANGGUNG JAWAB HUKUM TERHADAP KERUSAKAN MOBIL CUSTOMER PADA PERUSAHAAN KARTECH (AUTO DETAILING SERVICE) POLONIA

Show simple item record

dc.contributor.author Anggi, Ardila Ariaga
dc.date.accessioned 2025-10-11T03:58:17Z
dc.date.available 2025-10-11T03:58:17Z
dc.date.issued 2025-09-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28984
dc.description.abstract Hukum perlindungan konsumen telah diterapkan untuk menjaga hakhak konsumen dan mencegah timbulnya kerugian bagi mereka. Sebaliknya, pelaku usaha juga harus bertanggung jawab yaitu penggantian atas kerugian yang dialami oleh konsumen karena produk yang mereka hasilkan dan jual tidak sesuai dengan harapan konsumen. Hukum perlindungan konsumen adalah salah satu langkah untuk memberikan kepastian hukum dalam melindungi konsumen, dengan fokus utama pada kewajiban yang patut dilaksanakan oleh pelaku usaha. Tanggung jawab hukum terhadap kerusakan mobil customer diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) dan prinsip-prinsip hukum perdata. Pelaku usaha, seperti bengkel atau dealer, bertanggung jawab memberikan ganti rugi atas kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian atau kesalahan mereka, baik dalam perbaikan maupun penjualan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data studi lapangan dan studi pustaka. UU Perlindungan Konsumen telah mengatur mengenai upaya hukum yangdapat dilakukan oleh konsumen apabila ia dirugikan. Dalam hal ini, konsumen juga harus memahami seluk beluk mengenai UUPK sebab Pelaku Usaha juga mengambil celah-celah hukum yang terdapat dalam UUPK sehingga seringkali gugatan yang dilakukan oleh konsumen terhadap Pelaku Usaha tersebut gugur dan konsumen tetap dirugikan. Melalui pembahasan ini Konsumen dapat mengetahui pihak manakah yang harus digugatnya, dengan alasan atau dasar apakah konsumen dapat menggugat konsumen, dan unsur-unsur apa sajakah yang dapat digunakanuntuk melakukan tuntutan ganti rugi. Dengan demikian, konsumen tetap dapat memperjuangkan hak-haknya dalam menggunakan suatu barang/jasa yang telah dibayarnya. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Tanggung Jawab en_US
dc.subject Hukum en_US
dc.subject Kerusakan Mobil en_US
dc.subject Customer en_US
dc.subject Auto Detailing en_US
dc.title TANGGUNG JAWAB HUKUM TERHADAP KERUSAKAN MOBIL CUSTOMER PADA PERUSAHAAN KARTECH (AUTO DETAILING SERVICE) POLONIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account