Research Repository

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA BALL STICK PADA SISWA KELAS II SBM KEPONG MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author NABILA, HARLIKA NINGRUM
dc.date.accessioned 2025-10-10T03:05:35Z
dc.date.available 2025-10-10T03:05:35Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28953
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Ballstick pada siswa kelas II SBM Kepong Malaysia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model spiral Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Populasi pada penelitian ini adalah 10 siswa kelas II, dan sampel yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia. Hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan indikator ketuntasan belajar individual, rata-rata kelas, dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar dari pra-siklus dengan ketuntasan hanya 10% siswa (rata-rata 38) menjadi siklus II dengan ketuntasan 90% siswa (rata-rata 87), yang termasuk dalam kategori peningkatan sangat besar. Mengindikasikan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) memberikan peningkatan yang sangat signifikan terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SBM Kepong. Hasil-hasil ini membuktikan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Ballstick terbukti berpengaruh efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan melalui kegiatan manipulasi konkret yang sesuai dengan karakteristik tahap operasional konkret siswa kelas II SBM Kepong Malaysia. Berdasarkan temuan yang telah dilaksanakan, model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Ballstick dapat di gunakan oleh guru lainnya, karena adanya peningkatan penggunaan yang signifikan pada materi penjumlahan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pembelajaran Berbasis Masalah en_US
dc.subject Ballstick en_US
dc.subject Penjumlahan en_US
dc.title UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA BALL STICK PADA SISWA KELAS II SBM KEPONG MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account