Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Siswa di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Safitri, Desi Rama
dc.date.accessioned 2025-10-06T03:34:35Z
dc.date.available 2025-10-06T03:34:35Z
dc.date.issued 2025-06-09
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28856
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, yaitu metode pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau jenuh pada siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS masih terhitung rendah dan urangnya sumber informasi yang dimiliki siswa mengakibatkan belajar kurang aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran IPAS. Siswa juga belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu bagaimana berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu eksperimen (Quasi eksperimen). Metode Quasi Eksperimen akan memberikan tes yang terbagi menjadi dua yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas IV B SD Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 32 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar obervasi siswa yang berbentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 15 soal yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 63.84 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 90,34 dengan menggunakan metode scramble. Dilihat dari hasil output ―Independent Samples Test‖ diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan ketika menggunakan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan berpikir kritis IPAS siswa di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Scramble en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Siswa di kelas IV SD Muhammadiyah 02 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account