Abstract:
Tujuan penelitian ini mencakup perancangan dan pengembangan media Smart Box (Kotak
Pintar) untuk mengenalkan warisan budaya Indonesia kepada siswa di Sanggar Belajar
Kepong, Malaysia. Pendekatan model yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari
metode Research and Development (R&D) 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan
Dissemination. Media ini dirancang untuk
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 02, Juni 2025
meningkatkan ketertarikan dan pemahaman siswa tentang budaya Indonesia, data
dikumpulkan melalui validasi dan angket yang melibatkan 16 siswa. Pada tahap Define,
diidentifikasi kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Di tahap Design, dirancang konsep
media dan kontennya. Pada tahap Develop, media dikembangkan dan diuji coba. Terakhir,
tahap Dissemination dilakukan dengan memperkenalkan media dalam kegiatan belajar. Hasil
studi memperlihatkan bahwa pemakaian Smart Box dapat meningkatkan keterlibatan siswa
secara signifikan dan memberikan pengalaman belajar interaktif. Media ini memperoleh
nilai kevalidan sebesar 95% oleh ahli materi sebesar 95%, oleh ahli media sebesar 94%, serta
100% dari angket guru serta siswa, yang semuanya masuk dalam kategori sangat valid.
Penerapan model pengembangan yang sistematis ini terbukti mampu meningkatkan
partisipasi serta pemahaman siswa terhadap materi. Oleh karena itu, Smart Box diharapkan
menjadi solusi efektif dalam mengenalkan budaya Indonesia, khususnya dalam konteks
pendidikan di luar negeri.