Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author PASARIBU, TETTY LESTARI
dc.date.accessioned 2025-10-03T03:30:53Z
dc.date.available 2025-10-03T03:30:53Z
dc.date.issued 2025-05-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28802
dc.description.abstract Pembelajaran Think Pair Share (TPS) salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Sd Muhammadiyah 19 Medan. kemampuan berpikir kritis perlu diintegrasikan dalam proses pembelajaran sebagai tujuan utama karena berperan penting. Dalam penelitian ini menentukan jumlah sampel sebesar 20 siswa yaitu keseluruhan dari jumlah populasi, teknik analisis data yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian ini menggunakan Uji-T. Penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test (one-group pretest- posttest design) yang bersifat kuantitatif. Hal ini terdapat pada hasil dan pembahasannya adalah mean Pre-test sebesar 59.07 sedangkan mean post-test sebesar 86.87, dimana 86.87 > 59.07. artinya Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa kelas Post-test lebih besar dibandingkan dengan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa kelas Pre-test. Dari hasil output signifikansi 2-sided Equal variances assumed adalah 0.000. maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa di Kelas V SD Muhammadiyah 19. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Think Pair Share (TPS) en_US
dc.subject kemampuan berpikir kritis dan Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 19 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account