Abstract:
Pembelajaran Think Pair Share (TPS) salah satu strategi pembelajaran kooperatif
yang dirancang untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, baik
secara individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui
bagaimana pengaruh Model Pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V Sd Muhammadiyah 19 Medan.
kemampuan berpikir kritis perlu diintegrasikan dalam proses pembelajaran sebagai
tujuan utama karena berperan penting. Dalam penelitian ini menentukan jumlah
sampel sebesar 20 siswa yaitu keseluruhan dari jumlah populasi, teknik analisis data
yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian ini menggunakan Uji-T.
Penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test (one-group pretest-
posttest design) yang bersifat kuantitatif. Hal ini terdapat pada hasil dan
pembahasannya adalah mean Pre-test sebesar 59.07 sedangkan mean post-test
sebesar 86.87, dimana 86.87 > 59.07. artinya Kemampuan Berpikir Kritis pada
Siswa kelas Post-test lebih besar dibandingkan dengan Kemampuan Berpikir Kritis
pada Siswa kelas Pre-test. Dari hasil output signifikansi 2-sided Equal variances
assumed adalah 0.000. maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar
menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis pada Siswa di Kelas V SD Muhammadiyah 19.