Research Repository

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz di SD Al Ulum Terpadu T.A 2024/202

Show simple item record

dc.contributor.author Rizki, Muhammad
dc.date.accessioned 2025-10-02T09:36:20Z
dc.date.available 2025-10-02T09:36:20Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28767
dc.description.abstract Penelitian ini berfokus pada rendahnya motivasi belajar siswa di SD Al Ulum Terpadu, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya penggunaan media yang menarik. Penggunaan metode ceramah yang dominan membuat siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Al Ulum Terpadu pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah penerapan media Quizizz. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa hanya mencapai 28%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 60%. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan dari 56,9 pada pretest menjadi 71,7 pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Quizizz en_US
dc.subject Penelitian Tindakan Kelas en_US
dc.subject SD Al Ulum Terpadu en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Quizizz di SD Al Ulum Terpadu T.A 2024/202 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account