Abstract:
Penelitian ini berfokus pada rendahnya motivasi belajar siswa di SD Al Ulum
Terpadu, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan
kurangnya penggunaan media yang menarik. Penggunaan metode ceramah yang
dominan membuat siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam belajar. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media
pembelajaran Quizizz dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD
Al Ulum Terpadu pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang
terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V
yang berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes
(pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi
belajar siswa setelah penerapan media Quizizz. Pada siklus I, persentase
ketuntasan siswa hanya mencapai 28%, sedangkan pada siklus II meningkat
menjadi 60%. Rata-rata nilai siswa juga mengalami peningkatan dari 56,9 pada
pretest menjadi 71,7 pada posttest. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan
media Quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.