Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BIDAYATUL HIDAYAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Show simple item record

dc.contributor.author ISNAINI, AISYAH BALQISH
dc.date.accessioned 2025-10-02T03:54:13Z
dc.date.available 2025-10-02T03:54:13Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28745
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermain peran (role playing) terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang menarik dan tidak interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah sebanyak 20 siswa yang diberikan 2 pembelajaran yaitu pebelajaran konvensional dan pembelajaran menggunakan bermain peran (role playing), sebelum pembelajaran di terapkan peneliti memberikan lembar angket minat belajar siswa terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa sebelum penggunaan model pembelajaran Role Playing. Data dikumpulkan melalui instrument penelitian berupa angket minat belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bermain peran memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil minat belajar siswa sebelum di terapkan model pembelajaran role palaying di peroleh nilai rata-rata angket minat belajar siswa dengan skor pretest 55,6% kemudian setelah diterapkan model pembelajaran bermain peran di peroleh nilai rata-rata angket minat belajar siswa dengan skor 83,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan model pembelajaran role palying terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah. Dengan demikian model pembelajaran role playing dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Bermain Peran en_US
dc.subject Minat Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD BIDAYATUL HIDAYAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account