Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermain
peran (role playing) terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah
pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang disebabkan oleh model
pembelajaran yang kurang menarik dan tidak interaktif. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah sebanyak 20
siswa yang diberikan 2 pembelajaran yaitu pebelajaran konvensional dan
pembelajaran menggunakan bermain peran (role playing), sebelum pembelajaran
di terapkan peneliti memberikan lembar angket minat belajar siswa terlebih
dahulu untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa sebelum penggunaan
model pembelajaran Role Playing. Data dikumpulkan melalui instrument
penelitian berupa angket minat belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model pembelajaran bermain peran memiliki pengaruh positif terhadap minat
belajar siswa kelas IV SD Bidayatul Hidayah pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil minat belajar siswa sebelum di terapkan
model pembelajaran role palaying di peroleh nilai rata-rata angket minat belajar
siswa dengan skor pretest 55,6% kemudian setelah diterapkan model
pembelajaran bermain peran di peroleh nilai rata-rata angket minat belajar siswa
dengan skor 83,9%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada
penggunaan model pembelajaran role palying terhadap minat belajar siswa kelas
IV SD Bidayatul Hidayah. Dengan demikian model pembelajaran role playing
dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat
belajar siswa.