Abstract:
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis
Game Edukasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran
IPAS di Kelas V SD Ar-Rahman. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu
bagaimana pengaruh media pembelajaran berbasis game edukasi terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Ar
Rahman penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan
game edukasi berupa media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa
pada pembelajaran IPAS di Kelas V SD Ar-Rahman. Jenis penelitian yang
digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian
ini siswa kelas V SD Ar-Rahman. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini
adalah dengan menggunakan instrumen tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian
ini menggunakan rumus uji-t test yang didahului dengan uji validitas dan
reliabilitas. Data yang diperoleh menunjukan bahwa penggunaan media puzzle
mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi 0,000 < 0,05,
menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perlakuan yang
berikan oleh masing –masing variabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima atau
terdapat adanya pengaruh penggunaan media puzzle terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan memperoleh
rata-rata berpikir kritis siswa pada pre-test 50,2 sedangkan pada post-test 80,6.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan game edukasi
berupa media puzzle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPAS di kelas V SD Ar-Rahman.