Research Repository

Pengaruh Kemampuan Membaca Cepat terhadap Pemahaman Teks Prosedur oleh Siswa Kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.author Rifki, Muhammad
dc.date.accessioned 2025-09-25T10:08:02Z
dc.date.available 2025-09-25T10:08:02Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28658
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca cepat terhadap pemahaman teks prosedur oleh siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2024/2025. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap teks prosedur yang dipengaruhi oleh rendahnya kemampuan membaca cepat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi berjumlah 800 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 2 yang berjumlah 32 orang, sekaligus menjadi sampel penelitian (sampling jenuh).Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan membaca cepat dan tes pemahaman teks prosedur. Data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment melalui bantuan SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data membaca cepat dan teks prosedur berdistribusi normal dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,200 (>0,05). Hasil uji korelasi Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,948 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (<0,05). Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara kemampuan membaca cepat dengan pemahaman teks prosedur.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan membaca cepat terhadap pemahaman teks prosedur oleh siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Dengan demikian, semakin tinggi kemampuan membaca cepat siswa, maka semakin tinggi pula pemahaman siswa terhadap teks prosedur yang dibaca. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam menerapkan latihan membaca cepat untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Membaca Cepat en_US
dc.subject Pemahaman Teks Prosedur en_US
dc.subject engaruh en_US
dc.subject Siswa SMK en_US
dc.title Pengaruh Kemampuan Membaca Cepat terhadap Pemahaman Teks Prosedur oleh Siswa Kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account