Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca cepat terhadap
pemahaman teks prosedur oleh siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Tahun Ajaran 2024/2025. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
rendahnya pemahaman siswa terhadap teks prosedur yang dipengaruhi oleh rendahnya
kemampuan membaca cepat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi berjumlah 800 orang dan
sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 2 yang berjumlah 32 orang,
sekaligus menjadi sampel penelitian (sampling jenuh).Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes kemampuan membaca cepat dan tes pemahaman teks prosedur.
Data dianalisis menggunakan uji normalitas dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov
Test dan uji hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment melalui bantuan SPSS
versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data membaca cepat dan teks prosedur
berdistribusi normal dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,200 (>0,05). Hasil
uji korelasi Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,948 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,001 (<0,05). Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang sangat
kuat dan signifikan antara kemampuan membaca cepat dengan pemahaman teks
prosedur.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemampuan membaca cepat terhadap pemahaman teks prosedur oleh
siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Dengan demikian, semakin tinggi
kemampuan membaca cepat siswa, maka semakin tinggi pula pemahaman siswa terhadap
teks prosedur yang dibaca. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru
dalam menerapkan latihan membaca cepat untuk meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi teks prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.