Research Repository

Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN Di SDN 064965 Sidodame Kota Medan.

Show simple item record

dc.contributor.author Naibaho, Feby Sulastri
dc.date.accessioned 2025-09-24T11:04:06Z
dc.date.available 2025-09-24T11:04:06Z
dc.date.issued 2025-08-26
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28643
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKN di SDN 064965 Sidodame, Kota Medan. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya kurikulum sebagai acuan pembelajaran, di mana Kurikulum Merdeka hadir sebagai upaya pemulihan pasca pandemi dengan pendekatan fleksibel, berpusat pada peserta didik, serta mengedepankan minat dan bakat siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Mereka terlihat lebih aktif, kreatif, dan antusias dalam mengikuti pembelajaran PKN. Meskipun demikian, penerapan kurikulum ini masih menghadapi tantangan, antara lain keterbatasan pemahaman guru terhadap kurikulum baru serta kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Namun, secara umum Kurikulum Merdeka terbukti cukup efektif dalam membangun motivasi belajar siswa melalui pendekatan menyenangkan, kontekstual, serta sesuai dengan kebutuhan dan potensi individu. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject PKN en_US
dc.title Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN Di SDN 064965 Sidodame Kota Medan. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account