Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKN di
SDN 064965 Sidodame, Kota Medan. Latar belakang penelitian didasarkan pada
pentingnya kurikulum sebagai acuan pembelajaran, di mana Kurikulum Merdeka
hadir sebagai upaya pemulihan pasca pandemi dengan pendekatan fleksibel,
berpusat pada peserta didik, serta mengedepankan minat dan bakat siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan
siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum
Merdeka memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Mereka
terlihat lebih aktif, kreatif, dan antusias dalam mengikuti pembelajaran PKN.
Meskipun demikian, penerapan kurikulum ini masih menghadapi tantangan,
antara lain keterbatasan pemahaman guru terhadap kurikulum baru serta
kurangnya sarana dan prasarana yang memadai. Namun, secara umum Kurikulum
Merdeka terbukti cukup efektif dalam membangun motivasi belajar siswa melalui
pendekatan menyenangkan, kontekstual, serta sesuai dengan kebutuhan dan
potensi individu. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka dapat menjadi langkah
strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.