Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video
IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) melalui inovasi application digital
collaboration di Kelas IV SD 101849 Suka Makmur, dengan tujuan meningkatkan
efektivitas dan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap Analysis, dilakukan
identifikasi kebutuhan pembelajaran IPAS di kelas IV. Selanjutnya, pada tahap
Design dan Development, media video pembelajaran IPAS dibuat dengan
memanfaatkan aplikasi kolaborasi digital untuk meningkatkan interaktivitas dan
pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang
dihasilkan valid berdasarkan penilaian ahli media dan materi, praktis dalam
penggunaannya, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV.
Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa inovasi media application digital
collaboration dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar,
serta memberikan alternatif media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif.