Research Repository

PENGARUH STRATEGI INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD AR RAHMAN

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, NIKMA
dc.date.accessioned 2025-09-23T07:47:19Z
dc.date.available 2025-09-23T07:47:19Z
dc.date.issued 2025-08-25
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28625
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Ar Rahman yang dipengaruhi oleh kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Inside Outside Circle terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Ar Rahman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian, dengan teknik pengambilan sampel secara purposive berdasarkan karakteristik tertentu. Instrumen penelitian berupa tes berjumlah 15 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan dengan uji product moment serta pengolahan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hal ini membuktikan bahwa penerapan strategi Inside Outside Circle berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Ar-Rahman. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Strategi Inside Outside en_US
dc.subject Circle Hasil Belajar Ips en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD AR RAHMAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account