Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Ar
Rahman yang dipengaruhi oleh kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang
digunakan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
strategi Inside Outside Circle terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Ar
Rahman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen
menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 20
siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian, dengan teknik pengambilan sampel
secara purposive berdasarkan karakteristik tertentu. Instrumen penelitian berupa tes
berjumlah 15 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data
dilakukan dengan uji product moment serta pengolahan menggunakan program SPSS
23. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-Tailed) sebesar 0,000 <
0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan
yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hal ini membuktikan bahwa
penerapan strategi Inside Outside Circle berpengaruh positif terhadap peningkatan
prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Ar-Rahman.