Research Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 057185 BUNGARA

Show simple item record

dc.contributor.author AZIZAH, WAFIQ
dc.date.accessioned 2025-09-23T02:59:09Z
dc.date.available 2025-09-23T02:59:09Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28608
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN 057185 Bungara pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III. Pada siklus I, aktivitas guru dan siswa serta motivasi belajar siswa masih berada pada kategori cukup, dengan persentase aktivitas guru sebesar 59%, aktivitas siswa 69%, dan motivasi belajar 75%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan: aktivitas guru mencapai 84%, aktivitas siswa 96%, dan motivasi belajar siswa meningkat menjadi 95%. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan aktivitas siswa. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan terlibat dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung keberhasilan meliputi penggunaan masalah nyata yang relevan, kegiatan kelompok, serta variasi metode pembelajaran. Kendala pada siklus I dapat diatasi melalui perbaikan strategi pada siklus II. Dengan demikian, model PBL direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Meningkatkan Motivasi Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 057185 BUNGARA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account