Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SDN
057185 Bungara pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III. Pada siklus I, aktivitas guru
dan siswa serta motivasi belajar siswa masih berada pada kategori cukup, dengan
persentase aktivitas guru sebesar 59%, aktivitas siswa 69%, dan motivasi belajar
75%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan:
aktivitas guru mencapai 84%, aktivitas siswa 96%, dan motivasi belajar siswa
meningkat menjadi 95%. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus
II sebesar 25%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan aktivitas siswa.
Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan terlibat dalam proses pembelajaran. Faktor
pendukung keberhasilan meliputi penggunaan masalah nyata yang relevan,
kegiatan kelompok, serta variasi metode pembelajaran. Kendala pada siklus I dapat
diatasi melalui perbaikan strategi pada siklus II. Dengan demikian, model PBL
direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar.