Abstract:
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 20
Februari 2025 di MIS Nurul Iman, membuktikan bahwa terdapat beberapa siswa
di kelas IV MIS Nurul Iman masih susah dalam memahami materi pembelajaran
dan guru yang mengajar masih menggunakan metode ceramah serta belum dapat
menguasai media apa yang sesuai diajarkan kepada siswa dalam meningkatkan
pemahaman siswa. Dengan adanya bukti berupa hasil dari lembar observasi yang
telah peneliti berikan kepada siswa-siswi dan juga berupa video wawancara
kepada wali kelas mengenai proses pembelajaran dan kemampuan siswa-siswa
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV
MIS Nurul Iman dengan menerapkan media berbasis wordwall. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang menggunakan penelitian II
siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV MIS Nurul Iman yang berjumlah
12 laki-laki dan 12 perempuan. Instrument yang di gunakan dalam penelitian ini
adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa dengan menerapkan
media pembelajaran berbasis wordwall. Peningkatan pemahaman siswa pada
siklus I terdapat siswa yang aktif atau di atas KKM yaitu sebanyak 7 orang siswa
(21,35%), sedangkan yang kurang aktif sebanyak 17 siswa (38,20%). Kemudian
pada Siklus II Menunjukkan bahwa siswa semua hampir aktif atau yang sudah
mencapai KKM meningkat 24 Siswa (86%).