Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
yang menghasilkan suatu produk media pembelajaran Smart Box Interaktif pada
materi cuaca di UPT SD Negeri 065000. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Smart Box
Interaktif pada materi cuaca, untuk mengkaji kevalidan media pembelajaran
Smart Box Interaktif pada materi cuaca, untuk mengkaji kepraktisan media
pembelajaran Smart Box Interaktif pada materi cuaca. Metode ini menggunakan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari, Analysis (analisis), Design
(desain),
Development (pengembangan), Implementation (implementasi),
Evaluation (evaluasi). Namun pada penelitian ini dilakukan sampai tahap
implementation (implementasi), dikarenakan keterbatasan waktu dan tenaga.
Tahapan analisis mencakup analisis kebutuhan, analisis materi, dan analisis
karakteristik peserta didik, tahapan design mencakup merancang media yang
dikembangkan, menyusun instrument dan menyusun silabus dan RPP. Tahapan
pengembangan mencakup hasil kevalidan dari tiga para ahli. Tahapan
implementasi mencakup tahapan penerapan penggunaan media, penilaian
kepraktisan pendidik dan peserta didik. Hasil pengembangan yang dilakukan
dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli media 91% “sangat valid”,
validator ahli materi 96% “sangat valid”, dan validator ahli Bahasa 90% “sangat
valid”. Penilaian kepraktisan yang dilakukan oleh pendidik yang diambil dari
respon guru memperoleh nilai 96% “sangat praktis. Pada uji coba dilakukan di
kelas III UPT SD Negeri 065000 dengan jumlah peserta didik 20 orang. Dari
seluruh respon memperoleh 94 % “sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut disimpulkan bahwa media Smart Box Interaktif dinyatakan sangat valid
dan sangat praktis.