Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah penggunaan LKPD berbasis wordwall dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN 056610 Paya Tusam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan
pada semester II tahun ajaran 2024/2025 dalam 2 siklus yang berlokasi di Jln.
Pendidikan Dusun II Desa Paya Tusam, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat
dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah : 1) observasi, 2) tes, dan 3) dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, maka pada saat pre test
sebanyak 23 siswa yang belum tuntas atau 74% dan 8 siswa dinyatakan tuntas atau
26%. Dari hasil tes pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 52% dan
yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa atau 48%. Sedangkan pada siklus II siswa yang
tuntas sebanyak 25 siswa atau 81% dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa atau
19%. Dapat dilihat peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II dengan
menggunakan tes sebanyak 29%.