Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis
Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di SD Muhammadiyah 08
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Berjumlah 30 orang.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua
anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan dta
menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata yang
menggunakan model pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT) lebih
tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran
Culturally Responsive Teaching (CRT) yaitu 60 banding 81. Nilai tertinggi yang
diperoleh siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Culturally
Responsive Teaching (CRT) yaitu 100. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh
hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh
hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat Ha diterima Ho ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pretest dan postest
dengan dmeikian terdapat pengaruh model pembelajaran Culturally Responsive
Teaching (CRT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran
Matematika Kelas III SD Muhammadiyah 08 Medan.