Research Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KAMICA (KARTU DOMINO PECAHAN SENILAI) BERBANTUAN CANVA PADA MATA PELAJARAN

Show simple item record

dc.contributor.author INDRIANI, RIZKA
dc.date.accessioned 2025-09-08T03:07:04Z
dc.date.available 2025-09-08T03:07:04Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28273
dc.description.abstract Peneliti an ini bertujuan untuk mengembangkan media KAMICA menjadi media pembelajaran matematika dengan mengaitkan materi pecahan pada media kartu domino berbantuan aplikasi canva. Peneliti an ini adalah Peneliti an metode pengembangan (Reaserch and Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation tetapi Peneliti an ini hanya sampai ditahap Implementation saja. (1) tahap analysis yaitu tahap mencari informasi baik itu analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, dan anlisis kurikulum. (2) tahap design yaitu tahap perancangan mulai dari perancangan komponen media pembelajaran, penyusunan materi media pembelajaran, dan perancangan instrumen. (3) tahap development yaitu tahap pengembangan untuk mengvalidasi dari media pembelajaran yang dikembangkan dari beberapa ahli. (4) tahap evaluation yaitu tahap pengujian lapangan yaitu uji keperaktisan guru dan siswa. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan penilaian para ahli yaitu validator ahli materi 94,6% “sangat valid”, ahli bahasa 100% “sangat valid” dan ahli desain media 89,3% “sangat valid”. Hasil Peneliti an juga juga menunjukan media KAMICA layak digunakan berdasarkan kepraktisan guru dan siswa. Respon guru mendapatkan 94% “sangat praktis”. Uji coba dilakukan di kelas IV A dengan jumlah siswa 20 mendapatkan 92,1% “sangat praktis”. Dengan demikian produk ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV A SD IT Ummu Hafidzah. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Media en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA KAMICA (KARTU DOMINO PECAHAN SENILAI) BERBANTUAN CANVA PADA MATA PELAJARAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account