Abstract:
Peneliti an ini bertujuan untuk mengembangkan media KAMICA menjadi media
pembelajaran matematika dengan mengaitkan materi pecahan pada media kartu
domino berbantuan aplikasi canva. Peneliti an ini adalah Peneliti an metode
pengembangan (Reaserch and Development) dengan menggunakan model
ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation tetapi
Peneliti an ini hanya sampai ditahap Implementation saja. (1) tahap analysis yaitu
tahap mencari informasi baik itu analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa,
dan anlisis kurikulum. (2) tahap design yaitu tahap perancangan mulai dari
perancangan komponen media pembelajaran, penyusunan materi media
pembelajaran, dan perancangan instrumen. (3) tahap development yaitu tahap
pengembangan untuk mengvalidasi dari media pembelajaran yang dikembangkan
dari beberapa ahli. (4) tahap evaluation yaitu tahap pengujian lapangan yaitu uji
keperaktisan guru dan siswa. Hasil pengembangan yang dilakukan dengan
penilaian para ahli yaitu validator ahli materi 94,6% “sangat valid”, ahli bahasa
100% “sangat valid” dan ahli desain media 89,3% “sangat valid”. Hasil Peneliti
an juga juga menunjukan media KAMICA layak digunakan berdasarkan
kepraktisan guru dan siswa. Respon guru mendapatkan 94% “sangat praktis”. Uji
coba dilakukan di kelas IV A dengan jumlah siswa 20 mendapatkan 92,1%
“sangat praktis”. Dengan demikian produk ini layak digunakan sebagai media
pembelajaran di kelas IV A SD IT Ummu Hafidzah.