Research Repository

PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SANGGAR BELAJAR KAMPUNG BHARU MALAYSIA

Show simple item record

dc.contributor.author ATMAJA, TRI MUTIARA
dc.date.accessioned 2025-08-27T07:26:44Z
dc.date.available 2025-08-27T07:26:44Z
dc.date.issued 2025-08-07
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28248
dc.description.abstract Penelitian ini mengkaji pengaruh media gambar seri terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di Sanggar Belajar Kampung Bharu Malaysia. Menggunakan desain penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 15 siswa kelas II sebagai populasi sekaligus sampel. Teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi dan tes untuk mengukur kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini menggunakan desain non equivalent group untuk menyelidiki perbedaan hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest (nilai rata-rata: 64,06) dan posttest (nilai rata-rata: 82,13), menunjukkan peningkatan sebesar 18,07 poin setelah penerapan media gambar seri. Analisis uji paired t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), menegaskan bahwa media gambar seri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan. Sebelum perlakuan, hanya 3 siswa yang mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM > 70), sedangkan setelah perlakuan, 14 siswa memperoleh nilai di atas batas KKM. Penelitian ini membuktikan bahwa media gambar seri secara efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan menyediakan representasi visual yang meningkatkan motivasi, menstimulasi imajinasi, dan membantu siswa menghubungkan huruf dengan konsep yang bermakna. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi guru sekolah dasar dalam memilih media yang tepat untuk meningkatkan pengajaran membaca permulaan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject keterampilan membaca permulaan en_US
dc.subject media gambar seri en_US
dc.title PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS II SANGGAR BELAJAR KAMPUNG BHARU MALAYSIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account