Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh media pembelajaran
interaktif yang baru, mendeskripsikan tingkat kevalidan,tingkat kelayakan dan
tingkat keefektifan media berdasarkan ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa
pada pengembangan media interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan model four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yaitu
pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil dari penelitian
ini berupa media pembelajaran yang berbentuk game edukatif berbasis Genially.
Hasil analisa kevalidan ahli materi menunjukkan bahwa media memenuhi
kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 3,2, kevalidan ahli media
menunjukkan bahwa media memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata
sebesar 3,33, dan kevalidan ahli bahasa menunjukkan bahwa bahasa yang
digunakan memenuhi kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 2,75. Adapun
hasil analisa kelayakan media yang diujikan ke lima orang peserta didik
memenuhi kategori sangat layak dengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,57 dan
penyebaran media yang dilakukan ke 22 orang peserta didik memperoleh kategori
sangat layak dengan skor rata-rata sebesar 3,1. Untuk tingkat keefektifan dengan
menganalisa tanggapan pendidik, diperoleh kategori efektif dengan perolehan
skor rata rata sebesar 3,48 dalam uji coba lima orang peserta didik dan pada
penyebaran media ke 22 orang peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar
3,1 dengan kategori sangat efektif.