Research Repository

PENGARUH MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 104267 PEGAJAHAN

Show simple item record

dc.contributor.author MAULIDIA, SITI MAWADDAH
dc.date.accessioned 2025-07-07T03:47:25Z
dc.date.available 2025-07-07T03:47:25Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28147
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CORE (connecting, organizing, reflecting, extending) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPAS di kelas V SDN 104267 Pegajahan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deksriptif. Pada pengambilan sampel peneliti mengambil dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan siswa yang berjumlah 29 siswa dengan menggunakan model CORE dan kelas kontrol dengan siswa yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada kelas kontrol menunjukan peningkatan dari nilai pretest sebesar 49,6 menjadi 70,8 pada postest, namun hanya 44% siswa mencapai ketuntasan, menandakan bahwa model pembelajaran konvesional belum maksimal pada kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkan model CORE, dari nilai rata-rata pretest 46,90 menjadi 80 pada postest, dengan tingkat ketuntasan mencapai 75,87%, Hal ini menunjukkan bahwa model CORE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Uji T (Independent-samples T test) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran IPAS di Kelas V SDN 104267 Pegajahan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model CORE (Connecting en_US
dc.subject Organizing, en_US
dc.title PENGARUH MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 104267 PEGAJAHAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account