Research Repository

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KETERAMPILAN MENULIS SISWA NIDA SUKSASAT SCHOOL THAILAND

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, DILLA EKA
dc.date.accessioned 2025-07-07T03:15:32Z
dc.date.available 2025-07-07T03:15:32Z
dc.date.issued 2025-05-27
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28140
dc.description.abstract Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing, terutama di lingkungan sekolah internasional seperti Nida Suksasat School, Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa yang muncul dalam tulisan siswa kelas X, serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi hasil tulisan siswa, wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran, serta observasi kegiatan pembelajaran di kelas. Data dianalisis dengan mengklasifikasikan kesalahan berdasarkan aspek linguistik, yaitu fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling sering ditemukan berkaitan dengan ejaan, struktur kalimat, dan penggunaan tanda baca yang tidak tepat. Selain itu, ditemukan pula kesalahan dalam pemilihan kata dan penyusunan paragraf yang kurang koheren, sehingga mengganggu alur logika tulisan. Faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut meliputi interferensi bahasa ibu (bahasa Thailand), keterbatasan penguasaan kosakata bahasa Indonesia, dan minimnya latihan menulis secara terstruktur di kelas. Kurangnya media pembelajaran interaktif, sumber belajar yang variatif, serta pendekatan pengajaran yang kurang kontekstual juga turut memengaruhi rendahnya keterampilan menulis siswa. Berdasarkan temuan ini, peneliti merekomendasikan penguatan pembelajaran dasar-dasar kebahasaan melalui latihan menulis terarah dan penerapan strategi pengajaran yang lebih komunikatif, kontekstual, dan sesuai dengan latar belakang siswa asing. Kesimpulannya, diperlukan intervensi pedagogis yang sistematis, berkelanjutan, dan berbasis kebutuhan siswa untuk meningkatkan kualitas keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing di sekolah internasional. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Kesalahan Berbahas en_US
dc.subject Keterampilan Menulis en_US
dc.title ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KETERAMPILAN MENULIS SISWA NIDA SUKSASAT SCHOOL THAILAND en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account