Abstract:
Metode pembelajaran Snowball Throwing dalam Bahasa Indonesia memainkan peran yang signifikan dalam
mencapai sasaran pendidikan. Di Sanggar Bimbingan Kampung Bharu, Malaysia, pencapaian belajar siswa
masih berada pada tingkat yang tidak memadai yang menyebabkan siswa merasa kurang tertarik dan
kehilangan motivasi dalam mengikuti kegiatan belajar. Untuk mengatasi masalah ini, Peneliti menawarkan
solusi alternatif melalui model Snowball Throwing untuk mendorong partisipasi aktif siswa serta menciptakan
lingkungan belajar yang lebih interaktif. Penelitian ini menerapkan pendekatan berbasis kuantitatif untuk
pengumpulan dan analisis data. Sampel yang dipilih mencakup semua siswa kelas III di Sanggar Bimbingan
Kampung Bharu, yang terdiri dari 10 siswa. Data diperoleh melalui tes pilihan ganda dengan instrumen soal
yang telah disiapkan sebelumnya. Uji validitas dilakukan untuk memastikan keabsahan instrumen,
sedangkan pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t menganalisis perbedaan pencapaian prestasi
prestasi belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan model Snowball Throwing. Temuan ini
mengungkapkan adanya perubahan yang berarti pada prestasi siswa sesuai penerapan model tersebut,
disertai dengan nilai tengah nilai siswa mengalami peningkatan dari 57 menjadi 88. Metode ini memberikan
peluang kepada siswa untuk berbicara dan mengungkapkan gagasan mereka, yang memperkaya pengalaman
belajar. Dibandingkan dengan metode ceramah, Snowball Throwing mampu meningkatkan interaksi,
kolaborasi, dan kepercayaan diri siswa.