Research Repository

PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author DILLA, NUR
dc.date.accessioned 2025-07-02T03:22:21Z
dc.date.available 2025-07-02T03:22:21Z
dc.date.issued 2025-04-17
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28099
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih belum bisa fokus dalam proses pembelajaran di kelas dan juga guru kurang dalam menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, karena hasil uji t (independent t-test) diperoleh signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dari pengujian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) en_US
dc.subject keterampilan membaca pemahaman en_US
dc.title PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account