Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, siswa masih
belum bisa fokus dalam proses pembelajaran di kelas dan juga guru kurang dalam
menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap
keterampilan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di
kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one grup pretest-posttest
design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 21 Medan yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Instrument dalam penelitian ini
menggunakan soal tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and
Composition pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan berpengaruh
terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, karena hasil uji t
(independent t-test) diperoleh signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05.
Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dari pengujian dapat
disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition
berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas
IV SD Muhammadiyah 21 Medan.