Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN 064965

Show simple item record

dc.contributor.author FAHIRA, DIAN
dc.date.accessioned 2025-07-01T04:39:42Z
dc.date.available 2025-07-01T04:39:42Z
dc.date.issued 2024-12-05
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28082
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang masih rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 064965 Medan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian one group pretest-posttest design, yaitu design yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada saat penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 064965 Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrument dalam penelitian ini menggunakan instrument nontes berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran game based learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran game based learning yaitu 90,35 banding 49,45. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran game based learning yaitu 93. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 <0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan game based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 064965 Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Game Based Learning en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS III SDN 064965 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account