Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa yang masih rendah pada
mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran game based learning terhadap motivasi belajar siswa kelas III
SDN 064965 Medan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian one group
pretest-posttest design, yaitu design yang tidak menggunakan kelompok kontrol pada
saat penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN
064965 Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai
sampel. Instrument dalam penelitian ini menggunakan instrument nontes berupa
lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang
menggunakan model pembelajaran game based learning lebih tinggi dibandingkan
nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan model pembelajaran game based learning
yaitu 90,35 banding 49,45. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah
menggunakan model pembelajaran game based learning yaitu 93. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired
Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah
0,000 <0,05 maka dapat dikatakan Ha diterima H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh penggunaan game based learning terhadap motivasi belajar
siswa kelas III SDN 064965 Medan.