Research Repository

PENGARUH MEDIA AUTOGRAPH TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI TERPADU MUHAMMAD FAHRI

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, AMYLIA PUSPITA
dc.date.accessioned 2025-06-26T02:11:48Z
dc.date.available 2025-06-26T02:11:48Z
dc.date.issued 2025-04-23
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/28035
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media Autograph terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest control gorup design. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil bahwa keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri sebelum menggunakan media autograph pada kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa pada kategori rendah 9 siswa, kategori sedang pada kelas eksperimen sebanyak 14 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 18 siswa, kategori tinggi pada kelas eksperimen sebanyak 9 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 8 siswa. Keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri setelah menggunakan media autograph diperoleh rata-rata dan standar deviasi pada kelas eksperimen dengan kelompok KAM tinggi sebesar 86,88 dan 5,44, serta 85,62 dan 5,34 untuk kelas kontrol. Untuk rata-rata dan standar deviasi dengan kelompok KAM sedang sebesar 83,78 dan 6,07 pada kelas eksperimen, serta 73,76 dan 6,27 pada kelas kontrol. Sedangkan untuk rata-rata dan standar deviasi dengan kelompok KAM rendah sebesar 65,66 dan 6,50 pada kelas eksperimen, serta 67,28 dan 5,31 pada kelas kontrol.Terdapat pengaruh media Autograph terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,039, nilai tersebut berarti lebih kecil dari 0,05 (0,039 < 0,05), selanjutnya diperoleh nilai thitung sebesar 2,111, selanjutnya diperoleh nilai ttabel sebesar 1,998. Hal ini berarti nilai thitung ≥ ttabel (2,111 ≥ 1,998). Hal ini berarti cukup bukti untuk menolak Ho. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Keterampilan Komunikasi en_US
dc.subject Autograph, en_US
dc.title PENGARUH MEDIA AUTOGRAPH TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS IV MI TERPADU MUHAMMAD FAHRI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account