Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media
Autograph terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa kelas IV MI
Terpadu
Muhammad Fahri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi
eksperimen dengan desain pretest posttest control gorup design. Instrumen
penelitian menggunakan tes keterampilan komunikasi matematis siswa.
Berdasarkan hasil analisis data sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil bahwa
keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV MI Terpadu Muhammad Fahri
sebelum menggunakan media autograph pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol siswa pada kategori rendah 9 siswa, kategori sedang pada kelas
eksperimen sebanyak 14 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 18 siswa, kategori
tinggi pada kelas eksperimen sebanyak 9 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 8
siswa. Keterampilan komunikasi matematis siswa kelas IV MI Terpadu
Muhammad Fahri setelah menggunakan media autograph diperoleh rata-rata dan
standar deviasi pada kelas eksperimen dengan kelompok KAM tinggi sebesar
86,88 dan 5,44, serta 85,62 dan 5,34 untuk kelas kontrol. Untuk rata-rata dan
standar deviasi dengan kelompok KAM sedang sebesar 83,78 dan 6,07 pada kelas
eksperimen, serta 73,76 dan 6,27 pada kelas kontrol. Sedangkan untuk rata-rata
dan standar deviasi dengan kelompok KAM rendah sebesar 65,66 dan 6,50 pada
kelas eksperimen, serta 67,28 dan 5,31 pada kelas kontrol.Terdapat pengaruh
media Autograph terhadap keterampilan komunikasi matematika siswa kelas IV
MI Terpadu Muhammad Fahri dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,039, nilai
tersebut berarti lebih kecil dari 0,05 (0,039 < 0,05), selanjutnya diperoleh nilai
thitung sebesar 2,111, selanjutnya diperoleh nilai ttabel sebesar 1,998. Hal ini berarti
nilai thitung ≥ ttabel (2,111 ≥ 1,998). Hal ini berarti cukup bukti untuk menolak Ho.