Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media flash card
dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar.
Membaca permulaan merupakan tahap awal dalam proses belajar membaca, yang
sangat penting untuk membangun dasar literasi anak. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas I di salah satu sekolah dasar
di [nama lokasi]. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card
secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hal
ini terlihat dari meningkatnya jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) pada setiap siklus. Media flash card terbukti efektif karena
bersifat menarik, interaktif, dan mampu meningkatkan
motivasi belajar siswa. Dengan demikian, penggunaan media flash card dapat
menjadi alternatif strategi pembelajaran yang menyenangkan dan efektif untuk
meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penulis dapat menyimpulkan bahwa
penggunaan Flashcard dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak di SD
Muhammadiyah 01 Medan ,dengan hasil berkembang sesuai harapan hingga mencapai
1
2
70,87% dari 23 peserta didik. Hal ini terlihat dari perkembangan mengenal huruf setiap
kata yang tertera didalam Flash card.