Research Repository

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DI KELAS II SD SWASTA MIS AL-ANWAR MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ATIKA, SARI
dc.date.accessioned 2025-06-24T10:40:38Z
dc.date.available 2025-06-24T10:40:38Z
dc.date.issued 2025-02-13
dc.identifier.uri http://localhost:8080/handle/123456789/27990
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SD Swasta MIS Al-Anwar Medan melalui penggunaan media kartu huruf. Media kartu huruf dipilih karena dapat menarik perhatian siswa, memudahkan mereka mengenali huruf, dan merangkai kata menjadi sebuah bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf secara efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada akhir siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca siswa dibandingkan dengan pra-siklus. Selain itu, siswa menunjukkan motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi dalam pembelajaran membaca. Media kartu huruf terbukti menjadi alat yang efektif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran membaca permulaan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Membaca permulaan en_US
dc.subject media kartu huruf en_US
dc.subject Kemampuan Membaca en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DI KELAS II SD SWASTA MIS AL-ANWAR MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account