Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
siswa kelas II di SD Swasta MIS Al-Anwar Medan melalui penggunaan media
kartu huruf. Media kartu huruf dipilih karena dapat menarik perhatian siswa,
memudahkan mereka mengenali huruf, dan merangkai kata menjadi sebuah
bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK)
yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara, dan tes membaca siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media kartu huruf secara efektif meningkatkan kemampuan membaca
permulaan siswa. Pada akhir siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan dalam
kemampuan membaca siswa dibandingkan dengan pra-siklus. Selain itu, siswa
menunjukkan motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi dalam pembelajaran
membaca. Media kartu huruf terbukti menjadi alat yang efektif dan
menyenangkan dalam proses pembelajaran membaca permulaan.